Makanan

Data HK Teror Ular Memakan Korban

Data HK – Belakangan ini kita dihebohkan dengan teror ular yang masuk ke pemukiman warga, bahkan masuk ke rumah—rumah warga dan ada juga yang menjadi korban dari teror ular tersebut. Teror ular tersebut sangat membuat masyarakat resah apalagi banyak yang sudah terkena gigitan ular. Ular—ular memang banyak yang keluar dari habitat aslinya saat musim hujan tiba. Musim hujan membuat cuaca menjadi dingin dan menciptakan iklim yang lembab bagi para ular sehingga ular akan mencari tempat yang lebih hangat. Tempat yang hangat ini menjadi tempat terbaik untuk ular berkembang biak. Jadi tidak heran jika ular banyak yang menuju ke pemukiman warga karena sedang mencari tempat yang nyaman.

Tidak sedikit pula ular yang merasa terganggu dengan kehadiran manusia walaupun sebenarnya ular lah yang mengganggu manusia di rumah penduduk. Terkadang mereka yang merasa terancam akan menyerang manusia dengan cara menggigit. Banyak orang yang tidak tahu menahu mengenai cara penanganan pertama pada orang yang terkena gigitan ular. Simak caranya berikut ini agar Anda bisa menolong orang lain atau diri sendiri saat terkena serangan gigitan ular

Segera Hubungi Rumah Sakit Terdekat

Jika ada orang yang terkena gigitan ular yang harus Anda lakukan adalah menghubungi Rumah Sakit terdekat, jangan membawa korban ke klinik ataupun ke pawang ular. Klinik, puskesmas, atau tempat praktek dokter tidak memiliki serum anti bisa ular apalagi jika Anda membawanya ke pawang ular.

Klinik, Puskesmas, atau fasilitas kesehatan dasar lainnya memang merupakan tempat untuk menangani kasus kesehatan, namun beberapa kasus kesehatan berat tidak bisa ditangani di sini. Sebaiknya Anda memanggil ambulance atau langsung membawa korban ke UGD rumah sakit. Rumah sakit memiliki serum anti bisa ular sebagai penanganan pertama pada korban gigitan ular. Jika Anda khawatir dengan rujukan dan sebagainya, maka Anda perlu mengetahui bahwa semua pasien gawat darurat dapat langsung menuju ke UGD tanpa menggunakan rujukan.

Bersihkan Luka Gigitan dan Perban

Jangan sampai terbalik ya, perban pada bagian yang terkena luka jangan malah mengikat sekitar luka. Bersihkan luka gigitan dengan menggunakan air mengalir, pembersihan ini penting karena luka gigitan ular merupakan jenis luka terbuka yang sangat rawan menimbulkan infeksi jika sampai kuman, bakteri, maupun virus masuk lewat luka ini. Lalu perban, jika tidak memiliki perban bisa menggunakan kain yang bersih dan dibalut di sekitar luka, hal ini berguna untuk menghentikan perdarahan. Jangan mengikat bagian lain karena akan menghalangi sirkulasi darah.

Imobilisasi Korban

Jangan membuat korban banyak bergerak untuk mencegah bisa ular semakin menyebar. Buat korban sama sekali tidak bergerak, karena hal ini sangat berbahaya. Usahakan korban dalam posisi duduk atau setengah duduk dengan posisi luka di bawah posisi jantung. Hal ini dapat memperlambat aliran bisa ular yang telah masuk ke aliran darah agar tidak segera masuk ke jantung. Karena jika sampai masuk ke jantung, bisa ular akan lebih mudah tersebar melalui arteri pada tubuh dan bisa berakibat kematian.

Segera Bawa Ke Rumah Sakit

Jika Anda telah melakukan pertolongan pertama maka selanjutnya hanya menyerahkan korban kepada tenaga medis yang lebih berkompeten. Jangan pernah menghisap, membakar, bahkan menyayat luka hanya dengan tujuan agar bisa ular tidak segera menyebar. Hal ini menjadi salah karena sekali lagi gigitan ular termasuk luka terbuka yang sangat rawan dengan mikro organisme yang masuk dan menginfeksi. Selain itu dengan membakar atau menyayat bagian tubuh korban dan data hk hanya akan lebih menyakiti korban.

Selain itu jika Anda ingin menangani korban yang terkena gigitan ular jangan pernah memberikan obat obatan apa pun. Anda tidak boleh memberikan aspirin, obat nyeri, odol, ataupun obat-obatan tradisional yang sering kali kita lihat menggunakan dedaunan yang ditempelkan pada luka. Padahal kita belum tahu apakah daun itu bersih atau tidak. Alih—alih membuat korban sembuh, malah membuat korban mengalami infeksi karena obat tradisional yang sembarangan ditempatkan di luka yang terbuka.

4

Manfaat Aktivitas Fisik untuk Menjaga Kesehatan

Salah satu dari program gerakan masyarakat atau biasa disingkat dengan germas yaitu aktivitas fisik. Dengan aktivitas fisik yang dilakukan setiap hari secara teratur akan meningkatkan kesehatan tubuh. Seiring dengan banyaknya gaya hidup manusia yang semakin dipermudah dengan teknologi, terkadang kita lupa untuk melakukan gerakan fisik seperti olahraga. Olahraga sangat penting bagi Anda yang sedang menjaga kesehatan badan. Banyak sekali manfaat dari Aktivitas Fisik yang bisa Anda rasakan saat melakukannya secara teratur.

Menjaga Kolesterol dan Gula Darah

Dengan olahraga, tubuh Anda akan melakukan kegiatan metabolisme yang bisa mengurangi kadar kolesterol dan gula darah pada tubuh Anda. Kolesterol merupakan lemak yang sebenarnya berguna bagi tubuh, namun dalam jumlahnya yang besar dapat menghambat aliran darah dan sangat mengerikan jika sampai menyumbat aliran darah, apalagi jika sumbatannya terdapat di arteri koronaria di jantung, dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Gula darah yang tinggi juga bisa menyebabkan penyakit diabetes, hal ini disebabkan oleh jumlah insulin yang sudah tidak bisa mengubah karbohidrat menjadi glikogen.

Dengan aktivitas fisik setiap hari walaupun sederhana, Anda bisa menjaga kadar kolesterol dan kadar gula darah agar tetap stabil dan tidak menyebabkan penyakit.

Mencegah Obesitas

Obesitas banyak terjadi pada masyarakat zaman ini. Tidak heran, hal ini dikarenakan gaya hidup masyarakat sekarang yang kurang memperhatikan makanan yang ia makan. Junk food adalah penyumbang terbesar obesitas dari segi makanan namun ada satu lagi yang sebenarnya kita tidak sadari terkadang kita ini sangat terbuai dengan canggihnya teknologi. Sadar atau tidak saat ini hampir 90% kegiatan hanya duduk saja. Padahal bergerak sangat penting untuk membakar lemak yang menumpuk. Dengan bergerak, tubuh akan melakukan metabolisme yang bisa saja menggunakan lemak sebagai bahan bakarnya, sehingga Anda akan terhindar dari obesitas.

Memperbaiki Mood

Dengan Aktivitas Fisik seperti olahraga akan merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon endorfin yang merupakan hormon kebahagiaan. Hormon endorfin ini merupakan zat kimia yang dikeluarkan oleh tubuh secara alami yang memiliki kesamaan fungsi dengan morfin. Hormon ini keluar saat Anda melakukan olahraga. Hormon ini memberi efek bahagia dan menghilangkan rasa sakit.

Lalu aktivitas fisik apa saja yang bisa kita lakukan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh kita? Aktivitas fisik tidak perlu yang berat, dengan melakukan aktivitas ringan namun teratur juga akan bisa membuat tubuh lebih sehat.

Olahraga

Anda bisa melakukan aktivitas fisik dengan cara berolah raga. Olahraga ini banyak macamnya, Anda bisa memilih olahraga lari, push up, yoga dan lainnya. Pilih olahraga yang Anda sukai agar Anda senang dan menikmati.

Berjalan Kaki ke Kantor

Sederhananya saja, Anda bisa sekedar berjalan kaki untuk beraktivitas. Dengan berjalan kaki ke kantor setiap pagi maka Anda sudah melakukan gerakan fisik untuk menjaga kesehatan

Menggunakan Tangga dan menghindari lift

Dengan menggunakan tangga saat bekerja dapat menjadi pilihan alternatif agar Anda tetap melakukan aktivitas fisik.

Menggunakan sepeda ke kantor

Dengan menggunakan sepeda, Anda bisa menerapkan hidup sehat dan menjaga lingkungan yang ramah pula. Anda tetap bergerak dan tidak menimbulkan polusi udara

Menyiram Bunga di Taman

Gerak fisik akan sangat terasa menyenangkan jika dibarengi dengan hobi yang sudah Anda tekuni. Bercocok tanam bisa Anda lakukan sebagai hobi namun Anda juga akan mendapatkan manfaat lain dari menyiram bunga yaitu dengan aktivitas fisik.

Bermain dengan Anak

Melakukan aktivitas fisik bisa sendiri bisa dengan mengajak anggota keluarga atau teman. Anda bisa bekerja sama dengan partner untuk saling bekerja sama melakukan olahraga. Anda juga bisa membawa serta anak sebagai ajang belajar anak dalam pentingnya beraktivitas fisik.

Anda bisa mengajak anak pergi ke CFD setiap minggu dan melakukan berbagai aktivitas fisik sederhana. Anda bisa saling membantu dalam sit up, jalan-jalan ringan, atau dengan jogging bersama.

Jika Anda mengajak buah hati untuk berolahraga saat di CFD atau di rumah, ajaklah dia untuk berperan aktif d dalamnya. Lakukan hal sederhana yaitu 4L : Lompat , Loncat, Lari, dan Lempar yang pastinya bukan hanya fisiknya yang terlatih namun juga perkembangan motoriknya.